Sabtu, 04 Januari 2014

Contoh Membuat Artikel

Tidur Siang, Yuk!
            Tidur siang merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup yang alami untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas. Hewan seperti lumba-lumba, siang, gajah saja membutuhkan waktu untuk tidur, apalagi manusia yang banyak melakukan aktivitas.
            Banyak orang yang kurang memperhatikan kebutuhan untuk tidur. Tidur malam saja kadang tidak teratur, apalagi meluangkan waktu untuk tidur siang sepertinya hampir tidak mungkin. Masalah tidur siang dianggap sepele, padahal meuangkan waktu untuk tidur siang di tengah-tengah aktivitas yang dilakukan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.
            Hasil penelitian dari Alleghency University yang dilakukan oleh Sarah Conklin dan Ryan Brindle, bahwa tidur siang memberikan efek positif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Efek positif sangat mempengaruhi kondisi saluran kardiovaskuler yang dapat membantu dalam menjaga tekanan darah agar tetap seimbang (www.deherba.com). Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh June Davison dari British Heart Foundation menyatakan bahwa tidur siang yang dilakukan di tengah-tengah jam kerja dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung, terutama bagi kalangan pekerja (www.deherba.com). Dari penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, sudah jelas bahwa tidur siang bermanfaat bagi tubuh kita, terutama bagi sistem kardiovaskuler.
            Namun, waktu untuk tidur siang juga harus diperhatikan. Tidur siang tidak perlu berlebihan, karena jika berlebihan tidak akan bermanfaat bagi tubuuh kita. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan Yunani selama enam tahun menyimpulkan bahwa orang yang senantiasa tidur siang selama 30 menit dalam setiap harinya memiliki 37% lebih rendah terhadap gangguan penyakit jantung(www.deherba.com). Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan Yunani, yang dilansir Genius Beauty mengemukakan hasil penelitian bahwa orang yang tidur siang 30 menit tiga kali dalam seminggu akan menguranggi risiko penyakit kardiovaskuler hingga 30% (penyakitjantung.web.id).
            Pada  pukul 13.00 sampai 15.00, menurut para dokter merupakan waktu yang terbaik untuk tidur siang, apabila Anda mempunyai waktu untuk tidur siang usahakan tidur siang disaat jam tersebut. Tidur siang pun dianjurkan selama 30-45 menit (penyakitjantung.web.id).
            Untuk orang-orang yang mempunyai pekerjaan yang banyak, tidur siang dapat  dilakukan disaat jam istirahat setelah makan siang, di kantor atau di tempat yang menurut Anda nyaman. Atau paling tidak jika pekerjaan Anda sangat banyak dan tidak dapat ditinggalkan  Anda bisa melakukannya disaat hari libur.
            Rasulullah bersabda: “Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang” (HR. Abu Nu’aim dan ath-Thibb)

            Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapat, jika kita rutin meluangkan waktu beberapa menit untuk tidur siang. oleh karena itu, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu Anda untuk tidur siang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar